Tinggal 5 Provinsi Belum Terjamah Sosialisasi Empat Pilar Outbond

Tinggal 5 Provinsi Belum Terjamah Sosialisasi Empat Pilar Outbond
Tinggal 5 Provinsi Belum Terjamah Sosialisasi Empat Pilar Outbond

jpnn.com - PALANGKA RAYA --  Kepala Biro Persidangan dan Sosialisasi Setjen MPR Muhamad Rizal mengatakan, tinggal lima provinsi lagi yang belum dijamah sosialisasi empat pilar dengan metode outbond. Lima provinsi tersebuti ialah Papua, Papua Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat dan Kalimantan Utara.

"Kami sudah melakukan di 29 provinsi. Tinggal lima lagi yang belum," kata Rizal di sela-sela Outbond 4 Pilar di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (28/5).

Ia berharap tahun depan sosialisasi di lima provinsi itu bisa dilaksanakan karena ini merupakan program unggulan. Rizal menjelaskan, sosialisasi dengan metode outbond lebih lengkap. Materi yang disampaikan lebih aktual. Berbagai permalasahan bisa dibahas. Misalnya, hukum, korupsi, politik, ekonomi dan sebagainya.

Mahasiswa diberikan kesempatan bertanya dan menanggapi materi yang diberikan narasumber anggota MPR. Kemudian, ada diskusi kelompok membahas kasus-kasus aktual yang terjadi di tanah air. "Mereka diajak untuk memecahkan masalah," jelasnya.

Selain itu, juga ada permainan-permainan yang membutuhkan kerjasama dan kekompakan tim. Ini juga untuk melatih kepemimpinan mahasiswa. "Permainan sifatnya bersama-sama, bukan individual," katanya.

Setelah itu, ada sedikit renungan untuk menumbuhkan kesadaran akan kecintaan terhadap tanah air sesuai dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Jadi kami ingin mahasiswa bisa saling hormat menghormati, belajar mematuhi segala aturan yang ada," pungkasnya.

Diharapkan, mahasiswa memiliki motivasi yang tinggi dalam tanggungjawab terhadap kemajuan bangsa dan negara. (boy/jpnn)


PALANGKA RAYA --  Kepala Biro Persidangan dan Sosialisasi Setjen MPR Muhamad Rizal mengatakan, tinggal lima provinsi lagi yang belum dijamah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News