Tingkat Partisipasi Pemilih di Luar Negeri Rendah

Tingkat Partisipasi Pemilih di Luar Negeri Rendah
Tingkat Partisipasi Pemilih di Luar Negeri Rendah

jpnn.com - JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah, mengatakan, pelaksanaan pemilu legislatif yang telah digelar enam panitia pemilihan luar negeri (PPLN), Minggu (30/3), berjalan dengan baik. Namun dari hasil sementara yang diperoleh memerlihatkan tingkat partisipasi pemilih belum maksimal.

Seperti di Beijing, China, dari total 1.197 pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT), hanya 423 pemilih menggunakan hak pilihnya di tempat  pemungutan suara luar negeri (TPSLN). Petugas PPLN juga menerima 49 kertas suara yang dikumpulkan tim drop box dari Kota Tianjin.

"PPLN masih menunggu 380 kertas suara yang dikirim melalui pos dari para pemilih di berbagai kota di wilayah kerja PPLN di daerah tersebut," ujarnya di Jakarta, Senin (31/3).

Selain di Beijing, kata Ferry, PPLN Hongkong juga telah melaksanakan pemilu legislatif. Tercatat dari 102.265 pemilih yang masuk DPTLN, sebanyak 5.919 orang menggunakan hak pilih di 13 TPSLN di Vicpark dan 776 pemilih menggunakan hak pilih di 2 TPSLN di Macau.

"Petugas juga telah mengirim 16 ribu surat suara lewat pos sehari sebelum pemungutan suara kepada para pemilih yang telah mengkonfirmasi akan menggunakan hak pilihnya lewat pos. Sejumlah saksi dari partai politik peserta Pemilu tampak hadir mengikuti jalannya pemungutan suara," katanya.

Menurut Ferry pelaksanaan pemilu di luar negeri kali ini, menjadi pemilu pertama di mana pencoblosan dapat dilaksanakan di luar wilayah akreditasi negara Indonesia.

Contohnya seperti di Hongkong dan Macau,  pemerintahan setempat memberi izin bagi Pemerintah Indonesia menyelenggarakan pemilu 2014 di wilayah publik negara tersebut.

"Pemungutan suara di Hongkong diselenggarakan di Lapangan Victoria Parkyang, sementara pemungutan suara di Macau dilaksanakan Bundaran Sam Can Tang," ujarnya.

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah, mengatakan, pelaksanaan pemilu legislatif yang telah digelar enam panitia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News