Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Tingkatkan Kapasitas Jaringan
Tingkatkan Kapasitas Jaringan

jpnn.com - SURABAYA-Mengantisipasi lonjakan traffic telekomunikasi pada libur panjang akhir tahun, Telkomsel menaikkan kapasitas dan kualitas jaringan hingga mencapai rata-rata 11 persen dibandingkan kondisi normal.  

Director of Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan Telkomsel sudah melakukan persiapan menghadapi lonjakan traffic telekomunikasi pada Natal dan Tahun Baru 2014. Seperti dari sisi jaringan dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas mencapai rata-rata 11 persen dibandingkan hari biasa.

"Diprediksi, lonjakan terbesar terjadi pada malam tahun baru terutama layanan data dengan peningkatan sekitar 16 persen. Sedangkan, layanan SMS dan suara diperkirakan hanya 7-9 persen. Itu bagian dari upaya menjamin kepuasan pelanggan yang memanfaatkan layanan seluler," katanya di sela kunjungan posko Natal dan Tahun Baru di Telkomsel Network TTC Gayungan Surabaya.

Secara detail dari sisi jaringan, Telkomsel meningkatkan kapasitas home location register (HLR) hingga 22,6 persen dibandingkan kapasitas tahun sebelumnya. HLR adalah sebuah sistem database yang berfungsi untuk menyimpan data-data pelanggan.

"Selain itu, juga menambah jumlah base station controller (BSC) sebesar 0,9 persen dibandingkan tahun 2012. Serta meningkatkan kapasitas dengan menggunakan BSC yang lebih besar, menjadi 585 buah," katanya.

BSC berfungsi mengkoordinasikan beberapa BTS. Ditambah, peningkatan kapasitas online charging system sebesar 189 juta pelanggan atau naik 8,9 persen dibandingkan kapasitas sebelumnya.

Dia menuturkan, kesiapan jaringan tidak mengandalkan total 67.000 BTS secara nasional. Tapi juga compact mobile BTS (combat) sebanyak 400 unit untuk mengantisipasi lonjakan traffic.

"Kami telah mengidentifikasi 550 titik keramaian yang menjadi prioritas," ungkapnya. Meliputi, pelayanan publik, kegiatan ibadah, kegiatan hiburan, mal dan pusat perbelanjaan, kegiatan indoor dan pusat keramaian lainnya. (res)


SURABAYA-Mengantisipasi lonjakan traffic telekomunikasi pada libur panjang akhir tahun, Telkomsel menaikkan kapasitas dan kualitas jaringan hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News