Tiga BUMN Join Akuisisi Anak Usaha PT Askes

Tiga BUMN Join Akuisisi Anak Usaha PT Askes
Tiga BUMN Join Akuisisi Anak Usaha PT Askes

jpnn.com - JAKARTA – Tiga perusahaan BUMN, yaitu Bank Mandiri, Kimia Farma dan Jasindo mengakuisisi anak perusahaan milik Askes, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Inhealth) dengan nilai akuisisi Rp 1,75 triliun. Langkah ini dilakukan untuk mendukung progam pemerintah dan menguatkan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

Inhealth merupakan perusahaan jasa layanan asuransi kesehatan dengan jaringan terluas di Indonesia yang saat ini melayani 1,1 juta pemegang polis. Dengan akuisisi ini, Bank Mandiri akan memiliki 80 persen saham Inhealth, sementara Kimia Farma dan Jasindo masing-masing memiliki 10 persen kepemilikan saham
 
"Akuisisi Inhealth ini adalah inisiatif Mandiri untuk menyukseskan implementasi BPJS Kesehatan, sekaligus memanfaatkan peluang di sektor asuransi kesehatan," ucap Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (23/12).

Secara regulasi lanjut Budi, mulai 1 Januari 2014, Askes akan berubah menjadi BPJS Kesehatan, di mana perubahan itu membuat Askes tidak bisa lagi memiliki perusahaan asuransi. "Di saat yang sama, kami meyakini industri asuransi kesehatan, merupakan mesin pertumbuhan yang strategis karena tumbuh rata-rata 20 persen per tahun," sebutnya.

Dijelaskan Budi bahwa proses akuisisi ini akan dilakukan dalam dua tahap, pertama Bank Mandiri akan memiliki 60 persen saham Inhealth. Kimia Farma dan Jasindo masing-masing memiliki 10 persen saham, sementara PT Askes akan memiliki 20 persen saham di Inhealth.
 
Nah tahap kedua akan dilakukan setelah masa transisi peralihan Askes menjadi BPJS Kesehatan selesai. Hal ini untuk memastikan bahwa segala sesuatu dalam periode transisi, khususnya setelah penerapan BPJS akan berlangsung lancar.

"Sebelum akhir periode transisi tersebut maka, sisa 20 persen saham Askes di Inhealth yang sudah diperjanjikan, akan dijual kepada Bank Mandiri," pungkasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA – Tiga perusahaan BUMN, yaitu Bank Mandiri, Kimia Farma dan Jasindo mengakuisisi anak perusahaan milik Askes, PT Asuransi Jiwa Inhealth


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News