Tingkatkan Keselamatan Penerbangan Nasional, INACA Gelar Seminar dan Demonstrasi UPRT

Tingkatkan Keselamatan Penerbangan Nasional, INACA Gelar Seminar dan Demonstrasi UPRT
Penumpang pesawat di bandara (Ilustrasi). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi maskapai penerbangan nasional (INACA) bekerja sama dengan pabrik pesawat Airbus mengadakan seminar dan demonstrasi terkait Upset Prevention and Recovery Training (UPRT).

UPRT merupakan kombinasi pengetahuan teoretis dan pelatihan terbang dengan tujuan memberikan kompetensi kepada awak pesawat untuk bisa mengenali dan kemudian mencegah atau memulihkan diri dari kondisi upset (membingungkan) atau kehilangan kendali dalam penerbangan.

Acara seminar digelar di Hotel Swissotel PIK, Jakarta pada 15 Februari (introduction) dan 22 Februari (conclusion) 2023.

Sedangkan sesi demonstrasi dilaksanakan di Lion Group Training Center, Tangerang pada 16-21 Februari 2023.

Acara seminar kali ini diikuti oleh 124 pilot dari berbagai type rating. Sedangkan untuk demonstrasi di dalam simulator, diikuti oleh 40 pilot dengan type rating Airbus dari berbagai maskapai.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan acara ini untuk meningkatkan keselamatan penerbangan nasional.

Menurut Maria Kristi, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementeran Perhubungan juga telah mengambil langkah-langkah strategis untuk melaksanakan dan mengembangkan UPRT.

Di antaranya melakukan penelitian dan pengembangan sistem pelatihan berbasis UPRT melalui PUSLITBANG HUBUD, lokakarya dengan pemangku kepentingan penerbangan Indonesia, membuat draf Surat Edaran Pedoman Teknis UPRT, dan draf peraturan terkait UPRT sesuai dengan Standar ICAO Document 10011.

INACA bekerja sama dengan pabrik pesawat Airbus mengadakan seminar dan demonstrasi terkait Upset Prevention and Recovery Training (UPRT).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News