Tingkatkan Kompetensi SDM, Stafsus Menaker Ajak Pemerintah Desa Berkolaborasi

Tingkatkan Kompetensi SDM, Stafsus Menaker Ajak Pemerintah Desa Berkolaborasi
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong peningkatan kompetensi masyarakat di sekitar Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, BATANG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong peningkatan kompetensi masyarakat di sekitar Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Akan tetapi, upaya peningkatan kompetensi itu tidak cukup digalakkan hanya oleh Kemnaker saja. Namun, juga pemerintah daerah dan pemerintah desa.

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, pada Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Berbasis Desa di Batang, Minggu (4/2/2024).

Caswi mengatakan, peningkatan kompetensi itu dilakukan melalui berbagai pelatihan vokasi.

Selama ini pihaknya pun terus menyelenggarakan pelatihan vokasi bagi warga Batang dan sekitarnya.

Meski begitu, peningkatan kompetensi memerlukan kolaborasi multi-pihak untuk memastikan agar pelatihan vokasi dalam rangka penyiapan tenaga kerja terampil dapat terus dilakukan secara masif dan berkesinambungan.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua desa di Kabupaten Batang untuk berkolaborasi menggunakan APBDes untuk menyelenggarakan pelatihan vokasi dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM warganya.

"Investasi SDM ini sangat penting untuk kita lakukan agar warga Batang tak hanya jadi penonton di tengah industrialisasi" ujar Caswiyono.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong peningkatan kompetensi masyarakat di sekitar Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News