Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM, Kemnaker Gelar Pelatihan Mekanik Alat Berat

Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM, Kemnaker Gelar Pelatihan Mekanik Alat Berat
Kemnaker terus berupaya selenggarakan pelatihan dunia usaha untuk peningkatan kapasitas SDM. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) terus berinovasi menyelenggaraan pelatihan sesuai kompetensi dan kebutuhan dunia industri untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM.

Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan menyatakan, salah satunya yakni memberikan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) mekanik alat berat.

"Pelatihan Berbasis Kompetensi mekanik alat berat diselenggarakan untuk melayani para pencari kerja atau para pekerja yang ingin memiliki kompetensi di bidang mekanik alat berat," ujar Budi saat membuka pelatihan teknisi mekanik alat berat dan PBK Angkatan IV Tahun 2021 BLK Samarinda serta Peresmian Workshop dan Peralatan Baru BLK Samarinda, di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (12/4).

Budi mengatakan, pelatihan harus didukung dengan sarana prasana yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

"Kami berharap alumni pelatihan BLK Samarinda tidak hanya kompeten, namun juga memiliki daya saing dan kesiapan untuk bekerja," kata dia.

Budi menambahkan, strategi ke depan dalam penyelenggaraan pelatihan adalah memperluas penempatan alumni BLK sesuai kebutuhan dan persyaratan pasar kerja.

"Saya berharap melalui kegiatan ini, kami terus tingkatkan sinergitas dan perhatian kita semua bersama,” ujar dia.

Menurut Budi, diperlukan peran pemerintah pusat dan daerah, dunia industri, dan lembaga pelatihan untuk terus bersinergi agar kompetensi calon tenaga kerja yang telah dilatih selaras dengan kebutuhan pasar kerja dan dapat menjadi solusi pengangguran di Indonesia.

Kemnaker terus berupaya selenggarakan pelatihan dunia usaha untuk peningkatan kapasitas SDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News