Tingkatkan Kuantitas, Mantapkan Kualitas

Tingkatkan Kuantitas, Mantapkan Kualitas
Abdul Ghaffar Rozin bersama Arifin Madjid dalam acara workshop LSN 2016. Foto: Amjad/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kemenpora kembali menginisiasi persiapan gelaran Liga Santri Nusantara II/2016. Kali ini, peserta kompetisi akan meningkat lima kali lipat dibanding LSN tahun 2015. 

Menurut Ketua LSN Abdul Ghaffar Rozin, konsep tahun ini akan berbeda karena jumlah region meningkat, menjadi 32 region.

"Sebelumnya tak sebanyak tahun ini. Dengan region yang nambah, otomatis peserta juga nambah menjadi 1024 tim dari seluruh Indonesia," katanya dalam workshop LSN, Rabu (19/5).

Selain meningkatkan kuantitas, lanjut dia, secara kualitas pertandingan di LSN dipastikan bakal meningkat. Itu seiring kerja sama yang sudah dilakukan dengan Asosiasi Wasit Profesional Indonesia (Awapi).

Ada 130-an wasit yang akan dilibatkan memimpin di tiap region, dengan regulasi dan tata kelola yang lebih baik. 

"Kalau sebelumnya masih ada banyak kekurangan, sekarang sudah di evaluasi. Termasuk verifikasi pemain, untuk mencegah pencurian umur," tegas dia.

Di sisi lain, Asdep Olahraga Pendidikan Kemenpora, Arifin ‎Majid menjelaskan bahwa anggaran pada tahun ini meningkat. Apalagi, ada APBN yang siap mendukung kegiatan ini.

"Kalau jumlahnya kebutuhan anggaran mencapai Rp 20-an miliar , tapi APBN menyiapkan tak sebanyak itu. Sisanya dari sponsorship," papar dia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News