Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gandeng 3 BUMN

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gandeng 3 BUMN
Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama PT Angkasa Pura (AP) I, AP II dan AirNav Indonesia menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

Kerjasama itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia serta mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Di mana tahun ini ditargetkan sebesar 12 juta wisman dan 260 wisnus akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan 275 juta wisnus pada 2019 mendatang.

Menpar Arief Yahya mengatakan keberhasilan pariwisata Indonesia sangat ditentukan dengan ketersediaannya jumlah seat pesawat.

Mengingat 70 persen kunjungan wisman ke Indonesia menggunakan transportasi udara.

“Kunjungan wisman sangat bergantung pada airlines. Melalui MoU ini sebagai upaya mendorong AP I, AP II, AirNav Indonesia serta arlines untuk meningkatkan kontribusinya dalam mencapai target kunjungan 20 juta wisman serta pergerakan 275 juta wisnus di Tanah Air pada 2019 mendatang,” kata Arief di kantornya, Kamis (3/11).

Untuk memperoleh tambahan seat penerbangan internasional, kata Arief, perlu dilakukan upaya bersama dari 3A (Airlines – Airports and Air Navigation – Authorities).

Adapun kesepakatan kerjasama tersebut meliputi pertukaran data, informasi, dan promosi bersama untuk menunjang kegiatan promosi pariwisata Indonesia di pasar internasional dan domestik.(chi/jpnn)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama PT Angkasa Pura (AP) I, AP II dan AirNav Indonesia menandatangani nota kesepahaman (Memorandum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News