Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Selayar Bentuk Relasi

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Selayar Bentuk Relasi
KPU Selayar membentuk Relasi. Foto For JPNN.com

jpnn.com - BENTENG – KPU Selayar, Sulawesi Selatan bertekad meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 mendatang. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggelar sosialisasi dan membentuk Relasi (Relawan Demokrasi).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Masmulyadi mengatakan Relasi yang dibentuk akan menjadi pelopor dan penyuluh demokrasi. Kelompok masyarakat yang disasar adalah penyandang disabilitis, kelompok agama, perempuan, pemilih pemula dan masyarakat marginal.

"Relasi ini bekerja efektif mulai Januari 2014 di komunitasnya. Kami berharap Relasi tidak hanya mengajak memilih, tetapi akan menyadarkan masyarakat untuk akan hak-hak konstitusionalnya," kata Masmulyadi dalam keterangan persnya yang dikirim ke JPNN.com, Jumat (13/12).

Masmulyadi menyadari kecenderungan penurunan tingkat partisipasi pemilih dari Pemilu ke Pemilu terus terjadi. Kata dia, Pemilu 1999 partisipasi pemilih mencapai 93,03 persen, Pemilu 2004 84,07 persen dan Pemilu 2009 turun menjadi 70,99 persen.

"Ini berita buruk bagi demokrasi. Tantangan besar kedepan yaitu bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih. Salah satunya pelibatan masyarakat dalam wadah Relawan Demokrasi” tutur mantan pegiat Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) ini. (awa/jpnn)

 


BENTENG – KPU Selayar, Sulawesi Selatan bertekad meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 mendatang. Salah satu langkah yang dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News