Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat, Bea Cukai Teken MoU dengan Pemkab Jepara

Tingkatkan Pelayanan ke Masyarakat, Bea Cukai Teken MoU dengan Pemkab Jepara
Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY Padmoyo Tri Wikanto menandatangani MoU dengan Pemkab Jepara. Foto: Humas Bea Cukai.

jpnn.com, JEPARA - Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY Padmoyo Tri Wikanto menghadiri pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Jepara di Gedung OPD Bersama, Jln. R.A. Kartini, Jepara, Jawa Tengag pada Kamis (1/10).

Hal ini sebagai wujud nyata komitmen Bea Cukai untuk melayani masyarakat dan mendukung industri. MPP ini terwujud berkas MoU antara Bea Cukai Jateng dan DIY dengan Pemkab Jepara.

Saat ini sekitar 12 instansi daerah maupun vertikal serta BUMN/ BUMD telah mengirimkan perwakilannya ke MPP Jepara dalam rangka menyediakan pelayanan terpadu satu pintu satu atap di Jepara. Loket pelayanan informasi Bea Cukai sendiri diwakili oleh Kantor Bea Cukai Kudus yang membawahi Kabupaten Jepara.

"Tidak hanya mempermudah pelayanan informasi, ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dari banyak instansi," ujar Tri Wikanto dalam keterangannya, Senin (5/10).

Kabupaten Jepara menduduki posisi penting dalam pelayanan dan pengawasan Bea Cukai Kudus. Di sana terdapat 12 kawasan berikat dan 1 gudang berikat yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti garmen, sepatu, dan tas.

Tri Wikanto mengharapkan di seluruh kabupaten kota yang membuka Mal Pelayanan Publik, Bea Cukai dapat turut serta memberikan pelayanan baik berupa informasi maupun layanan lain yang sifatnya dapat dilakukan jarak jauh.

“Tidak harus ada pegawai yang hadir secara fisik di sini. Ke depan kami akan kembangkan loket layanan informasi yang bersifat virtual. Pegawai cukup berada di kantor masing-masing dan berinteraksi dengan orang yang berkunjung ke loket Bea Cukai di MPP melalui video conference secara live” jelasnya.

Pelayanan berbasis teknologi daring yang digagas Tri Wikanto tentu menjadi solusi yang efektif dan efisien. Dari segi biaya tentu akan jauh lebih murah dibandingkan harus menugaskan pegawai ke luar kantor.

Bea Cukai memberikan dukungan pelayanan satu pintu dan satu atap melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) Jepara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News