Tingkatkan Potensi Ekspor Daerah, Bea Cukai Gencarkan Asistensi kepada Pelaku Usaha

Tingkatkan Potensi Ekspor Daerah, Bea Cukai Gencarkan Asistensi kepada Pelaku Usaha
Budi daya maggot atau larva lalat black soldier fly (BSF) untuk diolah menjadi pelet dan pur untuk makanan ikan dan unggas berpotensi ekspor. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus menggencarkan asistensi kepada pelaku usaha dan mempererat sinergi dengan pemerintah daerah guna meningkatkan potensi ekspor daerah guna membantu pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro mengatakan jajaran instansinya di daerah terus berupaya maksimal menjalin kerja sama dan turun membantu masyarakat mengembangkan usaha.

Langkah itu diikuti dengan pemberian fasilitas dan asistensi terhadap produk-produk yang memiliki potensi laris di pasar internasional.

Di Jawa Timur, Bea Cukai Kediri melakukan kunjungan untuk memberikan asistensi terkait prosedur ekspor dan impor ke CV. Murai Rimba yang berlokasi di Kabupaten Kediri pada Rabu (19/5).

CV. Murai Rimba merupakan perusahaan yang bergerak di bidang budi daya maggot atau larva lalat black soldier fly (BSF) yang kemudian dikeringkan dan diproses menjadi pelet dan pur untuk makanan ikan maupun unggas.

"Produk tersebut memiliki potensi ekspor yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan sudah adanya kegiatan ekspor produk maggot dari beberapa daerah di Indonesia ke berbagai negara," ucap Sudiro dalam keterangannya, Jumat (21/5).

Menurut dia,  produk maggot mulai banyak dibudidayakan di sejumlah daerah, terlebih lagi pengusaha maggot di Indonesia sangat diuntungkan karena budidayanya hanya bisa dilakukan di negara yang beriklim tropis.

Selanjutnya di Maluku, dalam rangka upaya peningkatan ekspor komoditi hasil laut, Bea Cukai Tual berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Maluku Tenggara Barat.

Bea Cukai di berbagai daerah terus melakukan asistensi kepada pengusaha guna meningkatkan potensi ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News