JPNN.com

Tingkatkan Tracing Covid-19, BIN Gelar Tes Usap Massal di Tangerang Selatan

Selasa, 23 Februari 2021 – 20:26 WIB
Tingkatkan Tracing Covid-19, BIN Gelar Tes Usap Massal di Tangerang Selatan - JPNN.com
Kegiatan tes usap massal BIN. Foto: Dok. Humas BIN

jpnn.com, TANGSEL - Badan Intelijen Negara (BIN) terus membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kali ini, mereka menyelenggarakan test usap massal kepada warga di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Selasa (23/2).

Kordinator Lapangan Mobile Laboratorium Covid-19 BIN Kolonel Inf Budi Santoso mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai arahan dari Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan.

"Kami siapkan 500 alat rapid test antigen dan 25 medical intelligen untuk kegiatan hari ini," kata Budi.

Budi menjelaskan, langkah tes yang diinisiasi oleh medical inteligen BIN melalui tes usap tersebut tidak akan berarti apabila masyarakat tidak patuh serta menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Kami laksanakan atas kerja sama kami dengan pemerintah daerah maupun Satgas Covid-19 setempat. Hingga kini kami sudah melakukan test hingga 55.000 sampel sejak tahun lalu di berbagai daerah," tambah dia.

Mendukung kegiatan ini, kata Budi, pihaknya juga menyiapkan dua unit mobile laboratorium PCR test dan satu unit bus laboratorium untuk mengolah langsung sampel tes usap yang dilakukan kepada warga.

Mobile Lab PCR berstandar Biosafety Level 2 (BSL-2) ini memiliki kemampuan ekstraksi dan running sampel hasil test usap dalam waktu 8 sampai 10 jam.

Budi menjelaskan, pertimbangan penunjukkan lokasi rapid test ini merupakan permintaan dari Pemkot Tangerang Selatan. Lokasi ini dianggap rawan penyebaran Covid-19 dibanding tempat lain wilayah lain tersebut .

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...