Tiongkok Kecam NASA

Tiongkok Kecam NASA
Tiongkok Kecam NASA

jpnn.com - BEIJING - Pemerintah Tiongkok mengecam keputusan Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat, NASA, yang melarang akademisi Tiongkok menghadiri konferensi yang membahas soal keberadaan tata surya di di California, bulan depan.

"Kegiatan akademis tak semestinya dipolitisasi," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying, seperti dilansir BBC (9/10).

Sejumlah astronom Amerika juga mengkritik langkah NASA, bahkan beberapa di antaranya menyerukan boikot terhadap konferensi tersebut, baik secara individu maupun kelompok.

Turut menentang keputusan NASA adalah anggota Kongres Frank Wolf, yang menyusun peraturan yang dipakai NASA sebagai dasar untuk melarang kehadiran para ahli dari China.   "Menurut kami pertemuan ini seharusnya tidak dipolitisasi," ujarnya.

Wolf mengatakan peraturan tersebut dimaksudkan untuk mencegah kerja sama NASA dengan pemerintah Tiongkok atau perusahaan milik pemerintah Tiongkok, tapi bukan diperuntukkan untuk individu.

Pertemuan ilmiah itu diselenggarakan tim Amerika dan internasional yang selama ini mengikuti program teleskop ruang angkasa Kepler milik NASA. NASA mendasarkan larangan bagi akademisi Tiongkok pada undang-undang baru yang melarang semua orang Tiongkok berada di fasilitas atau gedung milik NASA.

Legislasi yang disahkan Maret lalu itu ditujukan untuk membatasi warga negara asing mengakses fasilitas NASA. (esy/jpnn)

 


BEIJING - Pemerintah Tiongkok mengecam keputusan Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat, NASA, yang melarang akademisi Tiongkok menghadiri konferensi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News