Tiongkok Langsung Teliti Gedung Bertingkat

Setelah Kebakaran Apartemen di Shanghai

Tiongkok Langsung Teliti Gedung Bertingkat
Tiongkok Langsung Teliti Gedung Bertingkat
SHANGHAI - Pemerintah Tiongkok menarik pelajaran berharga dari kebakaran hebat yang membumihanguskan apartemen 28 lantai di Shanghai Senin lalu (15/11). Tak ingin insiden yang menewaskan sedikitnya 53 orang itu terjadi lagi, Beijing menginspeksi sistem pengaman bangunan bertingkat di Tiongkok. Sementara itu, di India, pemerintah menghentikan pencarian korban selamat gedung lima lantai yang ambruk.

Selasa malam waktu setempat (16/11), kabinet Tiongkok (state council) menerbitkan surat perintah inspeksi bangunan bertingkat. Dalam surat yang berlaku nasional tersebut, pemerintah mengimbau seluruh pemilik dan pengelola bangunan bertingkat mengecek sistem pengaman mereka. Terutama, sistem pengaman kebakaran dan pintu-pintu darurat.

"Pemerintah tidak segan-segan menindak mereka (pemilik gedung bertingkat) yang tidak memberlakukan standar keamanan nasional," terang kabinet dalam pernyataan tertulis seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (17/11). Karena itu, Beijing mengimbau seluruh pemilik gedung bertingkat yang belum melengkapi propertinya dengan sistem pengaman memadai segera berbenah.

Api yang melalap apartemen Shanghai Senin lalu benar-benar membuat panic para penghuni. Mereka kesulitan meninggalkan bangunan karena saat itu apartemen sedang direnovasi. Tak kunjung menemukan pintu keluar, beberapa penghuni nekat melompat dari jendela kamar mereka untuk menghindari api. Sebagian yang lain memanfaatkan palang-palang besi penopang yang digunakan untuk merenovasi bangunan.

SHANGHAI - Pemerintah Tiongkok menarik pelajaran berharga dari kebakaran hebat yang membumihanguskan apartemen 28 lantai di Shanghai Senin lalu (15/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News