Tiongkok Minta AS Lindungi Investasinya

Sepakati Kerja Sama Atasi Krisis Global

Tiongkok Minta AS Lindungi Investasinya
Tiongkok Minta AS Lindungi Investasinya
BEIJING - Tiongkok coba memainkan kartu as-nya atas AS dalam forum Dialog Ekonomi Strategis (SED) di antara kedua negara di Beijing Kamis (4/12). Pimpinan delegasi Tiongkok yang juga Wakil Perdana Menteri Wang Qishan mendesak Washington menstabilkan ekonominya dan melindungi investasi Beijing di AS.

Hal itu disampaikan Wang langsung kepada Menteri Keuangan Henry Paulson dan para pejabat AS lain dalam dialog. Kedua negara membuka pembicaraan ekonomi di tengah krisis finansial global dan ketegangan nilai tukar.

''Kami berharap AS akan mengambil langkah-langkah pasti untuk menstabilkan perekonomiannya maupun pasar finansial, serta juga menjamin keamanan aset dan investasi Tiongkok di AS,'' ujar Wang.

Wang memang tak merinci pernyataannya. Tapi, Beijing saat ini tercatat sebagai pemilik terbesar surat utang negara (US Treasury) yang juga menjadi sumber keuangan defisit anggaran Washington. Pelemahan nilai tukar dolar AS akhir-akhir ini dan gejolak finansial memicu kekhawatiran Tiongkok atas keselamatan investasinya.

BEIJING - Tiongkok coba memainkan kartu as-nya atas AS dalam forum Dialog Ekonomi Strategis (SED) di antara kedua negara di Beijing Kamis (4/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News