Tiongkok Mulai Garap Mobil Murah

Tiongkok Mulai Garap Mobil Murah
Tiongkok Mulai Garap Mobil Murah
SHANGHAI - Tahun 2012 mendatang, Tiongkok dipastikan sudah memproduksi mobil termurah di dunia. Sebuah produsen mobil Tiongkok Geely IG memastikan akan memproduksi mobil dengan harga jual di bawah Rp. 30 juta per unitnya. "Awal Tahun 2012, mobil termurah di dunia sudah beredar di pasaran," begitu seperti dilaporkan majalah otomotif Gasgoo. Geely, diperkirakan akan mematahkan rekor mobil murah India Tata Nano, yang saat ini dibandrol seharga Rp. 35 juta di pasaran lokal.

Prototipe mobil murah produksi Geely IG kini sudah mulai dirilis di Tiongkok. Mobil mungil bersilinder tiga ini dipastikan tidak lagi menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Mobil ini akan menggunakan baterai sebagai pemicu dapur pacunya. Selain menggunakan baterai, mobil ini juga akan memanfaatkan energi surya, di kap bagian atasnya untuk menambah power mobil itu.

Mobil Geely memiliki prototipe mirip dengan Toyota iQ. Di Indonesia, mobil ini beredar dengan brand Cherry.  Mobil terkecil didunia, dengan empat penumpang. Mobil empat pintu, dengan  empat penumpang ini dipromosikan sebagai citycar yang cukup handal. Mobil ini juga dilengkapi dengan bagasi yang cukup lapang, sehingga memungkinkan sebagai mobil yang layak dipergunakan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga.

Model pertama dari IG sudah dipamerkan dalam ajang pamer di Beijing. Prototipe mobil itu cukup elegan, dengan pintu membuka ke atas. Namun, Gasgoo menyebut, pada produksi massal tidak akan menggunakan pintu membuka ke atas. "Terlalu mahal," tulis Gasgoo.Kehadiran Geely jelas akan membuat industri mobil murah India Nana Tato meradang.

SHANGHAI - Tahun 2012 mendatang, Tiongkok dipastikan sudah memproduksi mobil termurah di dunia. Sebuah produsen mobil Tiongkok Geely IG memastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News