Tiongkok Tunjuk Chui Pimpin Macau

Tiongkok Tunjuk Chui Pimpin Macau
Fernando Chui. Foto : AP
MACAU - Tanpa pemilu, pemimpin baru Macau ditunjuk oleh pemerintah Tiongkok, Minggu (26/7). Dukungan 300 anggota panel loyalis Beijing terhadap Fernando Chui dinilai sebagai formalitas belaka. Dia menjadi satu-satunya kandidat pemimpin eksekutif daerah bekas jajahan Portugis tersebut setelah dikembalikan ke bawah otoritas Tiongkok sejak 1999.

   

Chui, 52, akan mempunyai peran penting dalam menata industri perjudian di Macau, satu-satunya wilayah Tiongkok yang melegalkan kasino. Perekonomian Macau saat ini masih goyah akibat krisis ekonomi tahun lalu dan menurunnya kunjungan turis di wilayah Tiongkok daratan. Padahal, selama beberapa tahun sebelumnya Macau mencapai pertumbuhan ekonomi mengesankan hingga mampu mengalahkan Las Vegas.

    

Sejumlah kebijakan baru dalam bidang perjudian yang dijanjikan Chui, diprediksi tidak bakal mampu membawa banyak perubahan dalam waktu singkat. "Kami akan mematuhi berbagai kebijakan yang memungkinkan sektor perjudian berkembang dalam iklim yang sehat. Saya berharap ini akan menjadi pusat perhatian Asia," ujar Chui.

 

"Semua pihak harus bekerja keras dalam persaingan ini untuk mempertahankan hasil yang mengesankan yang pernah kita capai dalam sektor perjudian beberapa tahun terakhir," lanjut mantan menteri kebudayaan Tiongkok itu.

   

MACAU - Tanpa pemilu, pemimpin baru Macau ditunjuk oleh pemerintah Tiongkok, Minggu (26/7). Dukungan 300 anggota panel loyalis Beijing terhadap Fernando

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News