Obama Minta Maaf setelah Kritik Polisi

Obama Minta Maaf setelah Kritik Polisi
Obama Minta Maaf setelah Kritik Polisi
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menarik komentarnya soal penangkapan dosen Harvard University yang berkulit hitam. Itu dilakukan setelah media dan publik negeri Paman Sam menerjemahkan kritiknya terhadap kinerja polisi Cambridge, Massachusetts, tersebut rasis.

Jumat (24/7) malam waktu setempat (kemarin pagi WIB), Obama menelepon pejabat berwenang untuk minta maaf. "Saya seharusnya bisa memberikan komentar yang lebih pantas," ujar presiden ke-44 AS itu di hadapan para jurnalis di Gedung Putih seperti dikutip Agence France-Presse kemarin (25/7).

Sekitar dua jam sebelumnya, sejumlah besar personel kepolisian di Cambridge, Massachusetts, menuntut Obama minta maaf. Mereka tidak terima dengan kritik sang presiden yang mengaitkan penangkapan dosen kulit hitam tersebut dengan tindakan rasis. Saat itu, dalam komentar terbukanya, Obama menyayangkan aksi bodoh para polisi kulit putih yang menangkap profesor kulit hitam ketika hendak masuk ke rumahnya sendiri.

Konon, petugas yang menangkap profesor Henry Louis Gates dalam insiden salah tangkap itu adalah Sersan James Crowley. Penangkapan tersebut terjadi setelah tetangga Gates melaporkan percobaan perampokan di kediaman sang dosen kepada polisi. Saat itu, menurut BBC, Gates dan asistennya baru pulang dari perjalanan luar kota. Sesampai di rumah, mereka baru sadar bahwa kunci rumah Gates hilang. Mereka pun lantas masuk paksa ke rumah.

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menarik komentarnya soal penangkapan dosen Harvard University yang berkulit hitam. Itu dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News