Tips Untuk Mengatasi Rasa Minder

Tips Untuk Mengatasi Rasa Minder
Ilustrasi

jpnn.com - ANDA merasa takut untuk berbicara? Atau merasa minder di saat berhadapan dengan orang lain, dan mudah kehilangan cara untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain?

Seseorang yang pemalu, sering membawa cahaya negatif yang meragukan kemampuan mereka sendiri. Mereka juga sering merasa orang lain lebih baik dari dirinya. Karena itu, ada baiknya bila rasa malu itu dijauhi dari dalam diri Anda.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi rasa malu Anda, seperti dilansir laman Care2, Kamis (2/6).

1. Identifikasi semua situasi yang memicu Anda merasa rasa malu.

Tarik keluar secarik kertas dan membuat daftar dari setiap situasi yang membuat Anda ingin meringkuk menjadi bola sampai semua berakhir. Untuk memulainya, Anda harus mengidentifikasi, apakah Anda merasa malu di sekitar orang yang baru Anda kenal? Atau orang-orang dalam posisi otoritatif, atau orang yang menurut Anda menarik atau bahkan orang yang Anda idolakan?

Sekarang Anda bisa menguraikan ini. Jika Anda merasa malu di sekitar orang yang baru saja Anda temui, maka Anda bisa menghadiri pesta.

2. Mengidentifikasi reaksi untuk setiap situasi.

Rasa malu Anda mungkin menyebabkan wajah Anda memerah, menghindari kontak mata, gagap, keringat, gemetar, jantung berdetak keras, otot tegang atau Anda tidak bisa berkata-kata. Ini semua adalah reaksi normal dan mereka selalu tampak jauh lebih buruk, daripada apa yang orang lain bisa lihat.

ANDA merasa takut untuk berbicara? Atau merasa minder di saat berhadapan dengan orang lain, dan mudah kehilangan cara untuk menyampaikan sesuatu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News