Tiru Idola, Obama Pilih Naik Kereta

Napaktilas Abraham Lincoln Sebagai Penghapus Sistem Perbudakan

Tiru Idola, Obama Pilih Naik Kereta
Foto : AP
WASHINGTON – Menjelang pelantikan besok, Presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama tur keliling negara bagian menggunakan kereta api tua dari Philadelphia menuju Washington, Minggu (18/1). Tur ini untuk menapaktilasi apa yang juga diperbuat presiden terdahulu Abraham Lincoln pada 1861, sosok penghapus sistem perbudakan Amerika Serikat sekaligus tokoh yang sangat dikagumi Obama.

’’Yang perlu sekarang adalah deklarasi baru kemerdekaan, tidak hanya bagi bangsa kita, tapi juga untuk hidup kita, dari ideology dan ide-ide kecil, keadilan dan teguh pendirian, sebuah seruan bukan pada insting melainkan sudut padang lebih baik,’’ ujar Obama, mengutip pidato Lincoln, sesaat sebelum kereta melaju dari Stasiun 30th Street di Philadelphia, kemarin pagi seperti dilansir Associated Press. Ikut bersama Obama sang Istri Michelle dan dua putrinya, Malia dan Sasha.

Warga ramai memadati sisi-sisi jalur kereta api meski suhu berada dibawah garis nol derajat. Kereta berhenti di Wilmington, Delaware,  untuk menjemput wakil presiden terpilih, Joseph R. Biden Jr beserta keluarga. Setelah itu mampir sejenak di Baltimore lalu baru melaju terus sampai Washington. Di Washington, Obama langsung disambut ribuan pendukungnya sebelum menuju kediamannya di Blair House.

Tiga kota yang disinggahi Obama, Philadelphia, Delaware dan Washington, merupakan tempat bersejarah. Philadelhia adalah tempat konstitusi Amerika ditulis, dan di Delaware, konstitusi itu ditanda tangani, sementara Washington, adalah tempat para presiden dilantik.

WASHINGTON – Menjelang pelantikan besok, Presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama tur keliling negara bagian menggunakan kereta api

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News