Titik Api Terbanyak di Hutan Riau

Titik Api Terbanyak di Hutan Riau
Titik Api Terbanyak di Hutan Riau
JAKARTA--Untuk mengantisipasi kebakaran kawasan hutan, Departemen Kehutanan (dephut) fokus pada daerah-daerah rawan kebakaran. Saat ini, hotspot yang terdeteksi paling banyak berada di kawasan Riau.

"Dari keseluruhan kawasan hutan di Indonesia, Riau yang memiliki paling banyak titik api yaitu berkisar antara 3.000 titik api, sedangkan daerah lainnya hanya memiliki 1.000 titik api," kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan, Ditjen Perlindungan Hutan Konservasi Alam, Dephut, Sony Partono di Jakarta, Kamis (11/6).

Untuk kawasan Sumatera, Dephut memusatkan perhatian pada Riau, Jambi, dan Sumatera Utara.

Meski sudah berupaya untuk mengurangi titik api, tetapi kebakaran hutan tak dapat dihindari. Menurut Sony, selama semester pertama tahun ini, kebakaran hutan paling besar terjadi pada bulan Februari lalu di Aceh yang mencapai 300 hektare.

Kebanyakan areal yang terbakar itu bukan areal kawasan hutan tetapi areal lahan masyarakat, seperti perkebunan. Diakui, cukup sulit untuk melacak siapa yang membakar areal lahan karena kebanyakan areal yang dibakar tidak memiliki status kepemilikan lahan yang jelas. "Modus operasinya pun kalau malam dibakar, kemudian ditinggal begitu saja. Jadi cukup sulit untuk kita," paparnya.

JAKARTA--Untuk mengantisipasi kebakaran kawasan hutan, Departemen Kehutanan (dephut) fokus pada daerah-daerah rawan kebakaran. Saat ini, hotspot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News