Tito Ungkap Penyebab Kepercayaan Publik pada Polisi Rendah

Tito Ungkap Penyebab Kepercayaan Publik pada Polisi Rendah
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian tak menampik bahwa kepercayaan publik terhadap institusi yang dipimpinnya masih rendah.

Berdasarkan analasis Tito, hal itu disebabkan masih tingginya angka kejahatan. Di antaranya adalah narkoba dan kejahatan jalanan.

"Profesionalisme penegak hukum, kamtibmas, narkoba, pelanggaran kejahatan masih cukup banyak bisa menurunkan kepercayaan pada publik," ucap dia di Mabes Polri, Selasa (11/10).

Selain itu, aspek lain yang menjadi perhatian masyarakat adalah perilaku arogan sejumlah oknum anggota Polri.

Salah satunya adalah pembakaran Mapolres Meranti, Riau yang dipicu kasus pembunuhan akibat cinta segitiga anggotanya.

"Selanjutnya kultur seperti perilaku koruptif di kepolisian, arogansi juga budaya kekerasaan berlebihan. Contohnya di Riau kemarin, tersangka ditangkap sehat, tapi sampai di kantor polisi meninggal dan kantor polisi diserang. Ini faktor kultural yang harus diperbaiki," kata Tito

Tito juga mengakui, media kurang banyak memantau 400 ribu anggota polisi yang baik di seluruh Indonesia.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menyayangkan karena yang diekspose di media massa hanya segelintir anggotanya yang melakukan kesalahan.

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian tak menampik bahwa kepercayaan publik terhadap institusi yang dipimpinnya masih rendah. Berdasarkan analasis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News