Tjahjo Klaim Sudah Sering Keluarkan Peringatan ke HTI

Tjahjo Klaim Sudah Sering Keluarkan Peringatan ke HTI
Ribuan anggota Hizbur Tahrir Indonesia (HTI) melakukan acara di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (30/5/2015). FOTO: MIFTAHULHAYAT/dok.JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo meminta daerah mendeteksi setiap kegiatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), menyusul keputusan pemerintah akan pembubaran ormas tersebut.

"Kami sudah kirim (imbauan,red) ke daerah untuk mendeteksi setiap kegiatan dengan dalih apa pun harus dicek. Karena pernyataannya (tokoh-tokoh HTI,red) itu jelas, pemerintah itu, ini, ini, ini (ujaran kebencian,red)," kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (10/5).

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini, setiap orang boleh mengamalkan keyakinannya sesuai ajaran agama masing-masing.

Namun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jangan sampai merongrong Pancasila sebagai dasar negara.

"Ingat, Indonesia merupakan negara yang berdaulat, ada aturannya. Buang sampah saja ada aturannya, apalagi menyangkut orang yang mau mengacak negara," ujar Tjahjo.

Saat ditanya apakah pemerintah sebelumnya telah mengeluarkan surat peringatan ke HTI, Tjahjo mengatakan pihaknya sudah banyak mengeluarkan imbauan dan peringatan terkait pendirian ormas, harus berlandaskan Pancasila.

"Terserah (jika HTI mengatakan belum pernah mendapat surat peringatan,red). Kemendagri sudah banyak memberikan peringatan, data ada semua," pungkas mantan anggota DPR ini.(gir/jpnn)


Mendagri Tjahjo Kumolo meminta daerah mendeteksi setiap kegiatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), menyusul keputusan pemerintah akan pembubaran ormas


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News