Tjahjo Kumolo: Jenderal Andika Dekat dan Memahami Presiden Jokowi

Tjahjo Kumolo: Jenderal Andika Dekat dan Memahami Presiden Jokowi
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengikuti uji kelayakan dan kepatutan Panglima TNI di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta, Sabtu (6/11). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menilai keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI tepat. 

Sebab, kata dia, menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono itu merupakan perwira tinggi senior di antara kepala staf matra TNI lainnya.

Selain itu, ujar Tjahjo, Kepala Staf Angkatan Darat itu juga memahami Presiden Jokowi.

"Di sisi lain, KSAD Jenderal Andika Perkasa juga orang yang cukup dekat dan memahami Presiden Joko Widodo," ucap Tjahjo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (6/11). 

Menurut Tjahjo, kedekatan dengan Presiden Jokowi tersebut terlihat dari Andika Perkasa yang pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) dengan pangkat mayor jenderal (mayjen) TNI pada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Andika juga pernah menjabat Panglima Kodam Teritorial serta Pangkostrad dan KSAD. 

“Sebelumnya pernah menjabat Danpuspen AD, sehingga komunikasi dengan masyarakat sudah mampu dilaksanakan dengan baik oleh Jenderal Andika," tuturnya.

Tjahjo optimistis Jenderal Andika mampu menjalankan rencana strategis (renstra) TNI meskipun hanya menjabat selama satu tahun.

Tjahjo Kumolo menegaskan Jenderal Andika orang yang cukup dekat dan memahami Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News