TK Tak Terbendung

TK Tak Terbendung
TK Tak Terbendung
JAKARTA - Taufiq Kiemas diperkirakan bakal melenggang sebagai ketua MPR. Selain dukungan terus bertambah, aturan pemilihan yang menggunakan sistem paket cenderung menguntungkan ketua Dewan Pertimbangan Pusat DPP PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.Penerapan sistem paket pengajuan pimpinan MPR itu bakal memperjelas peta dukungan partai. Satu paket calon pimpinan terdiri atas seorang ketua dan empat wakil ketua. Kesepakatan itu dicapai sebagai hasil rapat lobi pimpinan DPR dan DPD kemarin (1/10).

 

Rapat yang memutuskan aturan main tersebut berlangsung alot. Rapat yang sedianya hanya dua jam terpaksa molor hingga tiga jam. Sebab, meski sepakat dengan sistem paket, pimpinan DPD ngotot agar komposisi anggota DPR dan DPD juga didefinitifkan 3:2. Artinya, dalam satu paket harus terdiri atas tiga anggota DPR dan dua anggota DPD.

 

"Tapi, partai-partai tidak ingin ada angka definitif, meski akan tetap ada pertimbangan keseimbangan, kesetaraan, dan kebersamaan,? kata Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) Anas Urbaningrum setelah rapat di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin (2/10).Beberapa fraksi, terutama yang mendukung Kiemas jadi ketua MPR, sebenarnya siap mengusung komposisi paket 4:1 (4 DPR, 1 DPD). Paket itu terdiri atas Kiemas sebagai ketua (PDIP) serta Hajriyanto Tohari (Golkar), Lukman Hakim Saefuddin (PPP), calon dari PKB yang belum ditentukan, dan satu lagi dari DPD yang juga belum ditentukan sebagai wakil.

 

Kepastian bergabungnya PKB dalam barisan paket dari Kiemas tentu menambah kekuatan dukungan. Sebab, suami Megawati Soekarnoputri itu sudah hampir pasti mengantongi dukungan dari Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Gerindra, dan Partai Golkar. Di atas kertas, jika dukungan dari partai-partai pendukung solid, sudah pasti Kiemas memenangi pemilihan. Ditambah total anggota PDIP, Kiemas mengantongi dukungan 486 suara. Jumlah yang tanpa memperhitungkan dukungan dari sebagian anggota DPD itu sudah mencapai lebih dari setengah total seluruh anggota MPR yang berjumlah 692 orang (560 DPR+132 DPD). "Kami yakin, teman dari PKS juga akan segera bergabung,? ujar Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Marwan Jakfar saat mengumumkan kepastian dukungan fraksinya kepada Kiemas kemarin. Dia berharap dengan bergabungnya PKS memberi dukungan, pemilihan bisa berlangsung secara aklamasi.

 

JAKARTA - Taufiq Kiemas diperkirakan bakal melenggang sebagai ketua MPR. Selain dukungan terus bertambah, aturan pemilihan yang menggunakan sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News