TKN Ungkap Kasus Unik Pencoblosan di Bangladesh, Jokowi Pakai Jas di Surat Suara

TKN Ungkap Kasus Unik Pencoblosan di Bangladesh, Jokowi Pakai Jas di Surat Suara
Ilustrasi surat suara Pilpres 2019. Foto: JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - TKN Jokowi - Ma’ruf Amin menerima beragam laporan pengaduan dari warga terkait pencoblosan Pemilu 2019 di luar negeri. Salah satunya di Bangladesh, ada laporan gambar pasangan calon nomor urut 01 itu diubah dari mengenakan pakaian serbaputih menjadi memakai jas.

“Bangladesh ini agak unik, kami dapat informasi, gambar surat suara itu diubah fotonya. Tadinya Pak Jokowi memakai baju putih itu diubah menjadi pakai jas,” kata Direktur Advokasi dan Hukum TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (26/4) malam.

Selain adanya perubahan gambar paslon di surat suara, pengaduan lain yang juga cukup menyita perhatian publik yakni pencoblosan di Australia. Warga negara Indonesia tidak bisa menggunakan hak suaranya lantaran dari pihak PPLN Sydney menutup waktu pencoblosan.

“Paling banyak di Sydney. Jenis pengaduan terbanyak yang kami dapatkan adanya dugaan oknum PPLN dan saksi 02 yang diduga membuat warga negara tidak mendapatkan haknya,” sebut Irfan.

(Baca Juga: Bawaslu: PPLN Sydney Terancam Dua Tahun Penjara)

Selain itu, di Hong Kong dan Korea Selatan juga mengalami hal yang sama seperti di Australia. Sejumlah WNI tak bisa menggunakan suaranya hingga berujung kericuhan. “Hong Kong juga hampir sama, Korea Selatan, Jerman, Taiwan, Bangladesh dan Arab Saudi banyak juga,” pungkasnya. (*/adk/jpnn)


Selain laporan adanya perubahan gambar Jokowi di surat suara di Bangladesh, TKN juga menerima pengaduan terkait pencoblosan di Australia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News