TNI AD Gelar Latihan Terbesar Sejak Era Orba

TNI AD Gelar Latihan Terbesar Sejak Era Orba
TNI AD Gelar Latihan Terbesar Sejak Era Orba
JAKARTA---TNI Angkatan Darat menggelar latihan tempur tingkat brigade di Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan. Ini adalah latihan terbesar TNI AD setingkat brigade pertama di era reformasi. Latihan serupa terakhir dihelat tahun 1996 lalu.

"Latihan tingkat brigade memadukan seluruh unsur kekuatan TNI AD. Mulai dari pasukan infanteri lintas udara, tank, meriam, penerbang, perhubungan hingga zeni tempur," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Sisriadi pada wartawan Selasa (4/09).

Diasumsikan dalam latihan yang sudah berlangsung sejak Senin (03/09) itu, musuh yang berkekuatan satu batalyon berniat mendirikan negara baru di Sumatera Selatan. TNI AD bergerak cepat dengan mengirimkan satu Brigade Tim Pertempuran (BTP) 9/Kostrad untuk menggempur musuh.

Pasukan BTP terdiri dari Yonif Linud 501, Yonif 509, Yonif 514 Raider, 1 Kompi Mekanis Yonif 201, 1 Ki Kav Tank 8, 2 Rai Armed (1 Rai Meriam 76 tarik & 1 Rai Armed Meriam 105 tarik), 1 Rai Arhanudri RBS 70, 1 Kompi Zipur 10, 1 Squadron Penerbad. Selain itu juga didukung oleh satuan Banmin yang terdiri dari Perhubungan, Peralatan, Pembekalan dan Angkutan, Polisi Militer, Kesehatan dan Satgas Penerangan.

JAKARTA---TNI Angkatan Darat menggelar latihan tempur tingkat brigade di Puslatpur Baturaja, Sumatera Selatan. Ini adalah latihan terbesar TNI AD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News