TNI AL Uji Coba Kapal Tempur D-18 Karya Anak Bangsa

TNI AL Uji Coba Kapal Tempur D-18 Karya Anak Bangsa
Kapal cepat tenpur D-18 saat uji coba di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (18/11/2022). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

jpnn.com - JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut atau TNI AL melakukan uji coba kapal tempur D-18 yang merupakan karya anak bangsa di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (18/11).

Uji coba kapal tempur D-18 buatan PT Tesco Indomaritim itu dilakukan untuk memperkuat alat utama sistem pertahanan atau alutsista dan upaya mewujudkan minimum essential force (MEF) matra laut fase 2010-2024.

Uji coba kapal tempur D-18 disaksikan langsung Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi H Purwono, didampingi Aslog Kasal Laksda TNI Agus Santoso, Kadismatal Laksma TNI Widiyantoro, dan Komandan Pasmar 1, Brigjen TNI Mar Hermanto.

Uji coba itu untuk melihat kecanggihan performa dan kelincahan kapal cepat tersebut.

Kapal cepat berbadan dari aluminium D-18 itu dilengkapi dengan senjata sedang jenis mitraliur 12,7 mm yang memiliki fungsi asasi untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan, seperti operasi keamanan laut, peperangan khusus antiteror aspek laut dan kegiatan infiltrasi melalui laut, serta dirancang untuk mampu melaksanakan SAR. 

Kapal ini dapat bermanuver berbelok dengan tiba-tiba, dan manuver zig-zag sampai kecepatan 43 knots, cukup untuk melaksanakan patroli dan pengejaran kapal-kapal pelaku tindak ilegal.

Kapal dengan panjang 18 meter, lebar 4,5 meter, sarat kapal 0,8 meter, dan bobot 22 ton, serta kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3.600 liter ini dilengkapi sistem persenjataan yang mampu mengusung sepucuk senapan mesin berat 12,7 mm.

Alternatif lain dapat dilengkapi sistem RCWS CROWS yang bisa dipasangi sepucuk M2HB atau pelontar granat Mk19 Mod 0.

TNI AL melakukan uji coba kapal tempur D-18 karya anak bangsa. Begini kecanggihan kapal tempur ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News