TNI Berharap Anak-Anak Papua Makin Berkualitas Sebagai Generasi Penerus Bangsa

TNI Berharap Anak-Anak Papua Makin Berkualitas Sebagai Generasi Penerus Bangsa
Komandan Pos Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Inf Totok bertemu anak-anak di wilayah Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Papua, pekan lalu. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, TOLIKARA - Generasi muda Papua diharapkan menjadi manusia berkualitas, mampu memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).

Ini konsep dasar yang diusung Komandan Pos Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letda Inf Totok, dalam melakukan pendekatan terhadap anak-anak di wilayah Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Papua, pekan lalu.

Dia menegaskan Papua merupakan wilayah NKRI yang memiliki banyak potensi SDM yang berada di wilayah pegunungan dan lembah-lembah, yang memiliki karakter berbeda dengan anak-anak di perkotaan.

Dia berharap keberadaan Satgas TNI Pamrahwan di wilayah tersebut dapat mengarahkan anak-anak di wilayah yang minim fasilitas untuk mengetahui kebutuhan mereka.

Di era global saat ini dampaknya hingga anak-anak yang berperilaku ke arah yang negatif. Penyimpangan tingkah laku atau perbuatan melanggar hukum yang dilakukan oleh anak, disebabkan oleh berbagai faktor.

Faktor itu antara lain adanya dampak negatif dari perkembangan yang cepat, arus globalisasi di bidang komunikasi dan informasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan gaya hidup sebagian orang tua.

Perkembangan yang cepat membawa perubahan sosial yang mendasar dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan tersebut sangat berpengaruh terhadap nilai dan perilaku anak.

Selain itu, anak yang kurang atau tidak memperoleh kasih sayang, asuhan, bimbingan, dan pembinaan dari orang tua, wali, atau orang tua asuh akan mudah terseret dalam arus pergaulan masyarakat dan lingkungannya yang kurang sehat dan merugikan orang tua, wali, atau orang tua asuh.

Generasi muda Papua diharapkan menjadi manusia berkualitas, mampu memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah NKRI dan UUD 1945.