TNI Bersama Masyarakat Bangun Rumah Adat Suku Aumuti

TNI Bersama Masyarakat Bangun Rumah Adat Suku Aumuti
Sejumlah personel TNI-AD dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik bersama warga membangun rumah adat Suku Aumuti di Desa Alas Utara, Kabupaten Malaka, NTT, yang berbatasan dengan Timor Leste, Sabtu (27/2/2021). (ANTARA/HO-Satgas Yonarmed 3/105 Tarik)

jpnn.com, KUPANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menunjukkan kedekatan dengan rakyat.

Kali ini, personel TNI AD dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik bersama masyarakat membangun rumah adat suku Aumuti, di Desa Alas Utara, Kecamatan Kobakima Timur, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Komandan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim menjelaskan personel dari Pos Ailala dikerahkan untuk bergotong royong bersama warga membangun rumah adat yang dituntaskan dalam satu hari pada Sabtu (27/2).

"Lewat bantuan tenaga dari personel satgas ini kami ingin terus menjalin kerja sama dengan masyarakat di wilayah perbatasan serta membantu meringankan beban mereka," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin (1/3).

Letkol Arm Laode Irwan Halim mengatakan bantuan ini sebagai dukungan satgas dalam melestarikan warisan produk budaya masyarakat suku Naimuti di wilayah beranda NKRI.

Ia menjelaskan rumah adat yang dibangun memiliki fungsi sebagai hunian juga tempat penyimpanan benda pusaka adat, maupun lumbung untuk menyimpan hasil panen.

"Karena itu selain ditujukan untuk menjalin silaturahmi, juga wujud penghormatan satgas kepada leluhur dengan melestarikan peninggalan rumah adat secara turun temurun," katanya.

Irwan halim menambahkan keberadaan rumah adat juga berperan penting tidak hanya sebagai tempat tinggal dan pusat ritual adat dan budaya masyarakat namun juga memliki nilai jual lain seperti sebagai tujuan wisata, penelitian, dan sebagainya.

Letkol Arm Laode Irwan Halim mengatakan bantuan ini sebagai dukungan satgas dalam melestarikan warisan produk budaya masyarakat suku Aumuti di wilayah beranda NKRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News