Kamis, 25 April 2019 – 01:37 WIB

TNI dan Angkatan Bersenjata India Proyeksikan Dua Target Tercapai

Kamis, 07 Februari 2019 – 07:10 WIB
TNI dan Angkatan Bersenjata India Proyeksikan Dua Target Tercapai - JPNN.COM

jpnn.com, INDIA - TNI dan Angkatan Bersenjata India memproyeksikan untuk segera melaksanakan kerja sama militer berupa Latihan Bersama di bidang Peacekeeping Operation dan Anti-terorisme di Indonesia Peace and Security Center (IPSC) dan juga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Demikian pernyataan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai bertemu Panglima Angkatan Bersenjata India Laksamana Sunil Lanba dalam kunjungan kehormatan di Markas South Black Lawns, India, Senin (4/2/2019) lalu.

BACA JUGA: RI-Jepang Mendorong Peningkatan Kerja Sama Militer

Dalam kunjungan kehormatan tersebut, Panglima TNI dan Panglima Angkatan Bersenjata India juga membicarakan hubungan kerja sama militer Indonesia dan India yang sudah terjalin dengan baik di berbagai bidang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Panglima Angkatan Bersenjata India Laksamana Sunil Lanba di India. Foto: Puspen TNI

Sebagai contoh, latihan bilateral antara TNI AD dan Angkatan Darat India dengan nama Garuda Sakti. Sedangkan latihan antara TNI AL dan Angkatan Laut India dengan sandi Latihan Samudera Sakti dan Patroli Terkoordinasi dengan nama Indindo Coordinated Patrol. Selain itu dilaksanakan juga kegiatan multilateral seperti Komodo 2016 di Padang dan 2018 di NTB Lombok.

Lebih lanjut, Panglima TNI menjelaskan potensi kerja sama alih teknologi kemiliteran bagi matra darat, laut dan udara. "Industri pertahanan India sudah sangat maju, sehingga kita dapat belajar dengan memanfaatkan kesempatan kerjasama militer dibidang alih teknologi seperti kerjasama perawatan pesawat tempur buatan Rusia seperti SU-27 dan SU-30”,” kata Hadi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar