TNI dan Militer Filipina Segera Bertindak Atasi Bajak Laut

TNI dan Militer Filipina Segera Bertindak Atasi Bajak Laut
Delegasi TNI dipimpin oleh Asisten Operasi Panglima TNI dan Delegasi Filipina dipimpin oleh Asisten Operasi Angkatan Bersenjata Filipina, menggelar pertemuan di Jakarta pada tanggal 12-14 Juli 2016. FOTO: Puspen TNI for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Delegasi TNI dipimpin oleh Asisten Operasi Panglima TNI dan Delegasi Filipina  dipimpin oleh Asisten Operasi Angkatan Bersenjata Filipina, menggelar pertemuan di  Jakarta pada tanggal 12-14 Juli 2016.

Pertemuan tersebut untuk menindaklanjuti pertemuan antara Menteri Pertahanan Indonesia dan Filipina pada tanggal 27 Juni 2016.

Sebelumnya, dalam pertemuan kedua menteri pertahanan itu, dibicarakan upaya pencegahan terjadinya kembali insiden perompakan bersenjata di laut (bajak laut) dan penculikan di wilayah maritim yang menjadi perhatian kedua negara.

Kedua Menhan (Indonesia dan Filipina) telah bersepakat menjalin kerja sama bilateral untuk mengamankan perairan di perbatasan kedua negara. Kerja sama tersebut telah diatur berdasarkan RP-RI Border Patrol Agreement tahun 1975.

Agreement tersebut diimplementasikan melalui forum Komite Perbatasan RI-RPBC yang mana TNI diketuai oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur dan Angkatan Bersenjata Filipina diketuai oleh Commander of Eastern Mindanao Command.

Pada prinsipnya, pertemuan delegasi Indonesia dan Filipina di Jakarta sepakat untuk segera melaksanakan tindakan proaktif dan preventif di wilayah perairan yang menjadi perhatian bersama yang sejalan dengan RP-RI Border Patrol Agreement tahun 1975.

Kesepakatan itu juga didasarkan dengan Konvensi Maritim Internasional, yang akan memastikan keamanan dan keselamatan dari para pelaut dan kapal dagang di wilayah atau tempat terjadinya perompakan bersenjata dan penculikan.

Beberapa tindakan yang disepakati adalah akan mengikutsertakan Western Mindanao Command Angkatan Bersenjata Filipina dan Komandan Lantamal XIII/Tarakan ke dalam kegiatan Komite perbatasan RI-RPBC. Selain itu, melaksanaan patroli maritim dan/atau passing exercise bersama antara kapal perang dari kedua Angkatan Laut.

JAKARTA - Delegasi TNI dipimpin oleh Asisten Operasi Panglima TNI dan Delegasi Filipina  dipimpin oleh Asisten Operasi Angkatan Bersenjata Filipina,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News