TNI di Tarakan Sudah Siapkan Skenario

TNI di Tarakan Sudah Siapkan Skenario
Prajurit TNI. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, upaya diplomasi memang menjadi prioritas, dalam upaya pembebasan 10 WNI yang menjadi sandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

Namun, pemerintah akan mendukung langkah Filipina dalam upaya pembebasan. Termasuk jika harus dilakukan melalui operasi militer. ’’Kalau Filipina mengizinkan, TNI Polri sangat siap,’’ ucapnya.

Politikus PDIP itu menyebut, pemerintah Filipina terus memutakhirkan informasi mengenai perkembangan upaya pembebasan sandera. 

Termasuk informasi bahwa pasukan militer Filipina sudah mengatahui lokasi kelompok Abu Sayyaf. ’’Jadi kita harapkan hasil terbaik dan sandera bisa selamat,’’ ujarnya.

Terpisah, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Mabes TNI Mayor Jenderal (Mayjen) Tatang Sulaiman mengatakan, pihaknya masih memantau perkembangan sandera WNI melalui otoritas di Filipina.

Menurutnya, saat ini pihak angkatan bersenjata Filipina tengah berusaha dengan berbagai cara untuk membebaskan sandera.

’’Kita berharap semua berjalan sesuai keinginan, yaitu cepat dan aman,’’ ujarnya di Jakarta kemarin. Sementara terkait kesiapan TNI, Tatang menegaskan pihaknya dalam posisi siap.

Bahkan, berbagai skenario telah dipersiapkan TNI yang kini berada di Tarakan, Kalimantan Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News