TNI Jangan Dibenturkan dengan Mahasiswa

TNI Jangan Dibenturkan dengan Mahasiswa
TNI Jangan Dibenturkan dengan Mahasiswa
JAKARTA -- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta Saputra Pane, mengaku ada tiga kekhawatiran jika TNI terlibat aktif dalam mengatasi aksi demonstrasi mahasiswa yang menolak rencana kenaikan harga BBM.

Pertama, akan memicu provokasi mahasiswa untuk berbuat anarkis. Kedua, akan dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membuat benturan segi tiga, antara demonstran, polisi dan TNI. Ketiga, dengan dilibatkannya TNI, itu sama saja TNI diperalat untuk mempertahankan kekuasaan dan menzalimi rakyat.

"Untuk itu IPW mengimbau TNI bisa menahan diri agar tidak terlibat secara langsung dalam mengamankan aksi-aksi demo mahasiswa," kata Neta, Minggu (25/3), di Jakarta.

Ia menegaskan, TNI harus profesional sesuai dengan Undang-undang Nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara dan UU tentang 24 tahun 2004 tentang TNI. "TNI jangan mau diperalat kekuasaan karena TNI adalah anak rakyat," tegasnya.

JAKARTA -- Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta Saputra Pane, mengaku ada tiga kekhawatiran jika TNI terlibat aktif dalam mengatasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News