TNI Meningkatkan Kewaspadaan di Jalan Tikus Wilayah Perbatasan, Ini Penyebabnya

TNI Meningkatkan Kewaspadaan di Jalan Tikus Wilayah Perbatasan, Ini Penyebabnya
Personel Satgas Pamtas memeriksa tapal batas saat melaksanakan patroli di Jalur inspeksi paralel perbatasan (JIPP) di kawasan PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Selasa (26/4/2022). Foto ANTARA/Jessica HW.

jpnn.com, ENTIKONG - Prajurit TNI meningkatkan kewaspadaan pada sejumlah jalan tikus di perbatasan Malaysia-Kalimantan Barat.

Peningkatan kewaspadaan dilakukan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif Makanis 643/Wanara Sakti.

Satgas memperketat pengamanan mengantisipasi melonjaknya angka pekerja migran kembali ke tanah air jelang Idulfitri 1443 Hijriah.

"Menjelang Lebaran Idulfitri ini terjadi peningkatan pelanggaran pelintas batas dari para PMI ilegal."

"Mereka menggunakan jalur ilegal terutama di Jalur Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) sektor kanan dan kiri di PLBN Entikong," ujar Perwira Penerangan (Papen) Satgas Pamtas Yonif Makanis 643/Wns Kapten Chk Indra Ismana, di Entikong, Sanggau, Selasa (26/4).

Dia mengatakan selama Satgas Pamtas 643/Wns bertugas untuk kasus pelanggaran pelintas batas secara ilegal merupakan kasus yang banyak ditemui.

"Selama bertugas banyak sekali kami temui pelintas batas ilegal di jalur tikus tersebut, apalagi ketika PLBN Entikong ini belum dibuka."

"Mereka yang masuk secara ilegal untuk proses selanjutnya kami serahkan ke pihak Imigrasi, sementara barang bawaannya diserahkan ke pihak Bea Cukai," katanya.

TNI meningkatkan kewaspadaan di sejumlah jalan tikus di wilayah perbatasan jelang Idulfitri, ini penyebabnya.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News