Toja Una-Una Diguncang Gempa Magnitudo 6,5, Warga Pesisir Bolaang-Bunta Diminta Menjauhi Pantai 

Toja Una-Una Diguncang Gempa Magnitudo 6,5, Warga Pesisir Bolaang-Bunta Diminta Menjauhi Pantai 
Tangkapan layar sejumlah warga berlarian ke jalan untuk menyelamatkan diri usai gempa magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Tojo Una-Una pada Senin malam (26/7) pukul 20.09 WITA. ANTARA/Muhammad Arsyandi

jpnn.com, JAKARTA - Gempa bumi bermagnitudo terjadi di wilayah Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Senin (26/7) pukul 19.09 WIB. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat pesisir Bolaang dan Bunta menjauhi pantai sehubungan kejadian gempa bumi tersebut. 

BMKG juga meminta masyarakat tetap tenang. 

"Kepada masyarakat di pesisir Bolaang dan Bunta agar menjauhi pantai dan diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/7).

Bambang juga meminta masyarakat memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Gempa tersebut dirasakan kuat oleh warga di wilayah Ampana, dengan skala V-VI MMI. 

Getaran tersebut dirasakan oleh semua penduduk, yang mana kasusnya kebanyakan orang terkejut dan berlarian keluar.

Selain di wilayah tersebut, Bambang mengatakan gempa juga dirasakan warga Luwuk, Poso, Morowali dengan skala V MMI. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika meminta masyarakat pesisir Bolaang dan Bunta menjauhi pantai sehubungan kejadian gempa bumi magnitudo 6,5 yang terjadi di wilayah Teluk Tomini, Kabupaten Toja Una-Una, Sulteng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News