Tok tok tok!!! BK DPD: Saudara Irman Gusman Diberhentikan

Tok tok tok!!! BK DPD: Saudara Irman Gusman Diberhentikan
Jajaran BK DPD mengumumkan hasil sidang etik terkait pemberhentian Irman Gusman sebagai ketua. Foto: Gunawan Wibisono/Jawapos.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPD akhirnya memberhentikan Irman Gusman dari jabatan ketua. Keputusan ini dibuat dalam sidang kode etik BK DPD, Senin (19/9) malam terkait penetapan tersangka Irman Gusman oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Menyimpulkan dan mutuskan saudara Irman Gusman diberhentikan," ujar Ketua BK DPD AM Fatwa di Gedung DPD, Senayan, Jakarta.

Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan tersebut menambahkan, pemberhentian Irman Gusman sebagai Ketua DPD murujuk pada Pasal 52 ayat 3 huruf c Tata Tertib DPD. Pasal tersebut menyebutkan, ketua dan/atau wakil ketua DPD akan diberhentikan apabila berstatus tersangka dalam perkara pidana.

Hasil sidang kode etik tersebut, dikatakan Fatwa, akan dibacakan dalam rapat paripurna yang rencananya akan diadakan hari ini, Selasa (20/9) pagi.

Selain itu, dijelaskannya, untuk membuat keputusan ini BK DPD tidak membutuhkan surat resmi dari pimpinan KPK mengenai status tersangka Irman dalam kasus dugaan suap rekomendasi gula Bulog.

Pasalnya, kata Fatwa, semua fakta mengenai kasus Irman sudah sangat jelas. Pihak keluarga senator asal Sumatera Barat itu juga sudah sudah mendapatkan surat penahanan dan penetapan tersangka oleh KPK.

"Tidak dibutuhkan surat dari KPK itu," katanya.

Seperti diketahui, Ketua KPK Agus Rahardjo telah menetapkan Ketua DPD Irman Gusman sebagai tersangka atas dugaan suap terkait dengan pengurusan kuota gula impor.

JAKARTA - Badan Kehormatan (BK) DPD akhirnya memberhentikan Irman Gusman dari jabatan ketua. Keputusan ini dibuat dalam sidang kode etik BK DPD,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News