Tokoh NU Dinilai Sukses Menangkan Jokowi di Jatim

Tokoh NU Dinilai Sukses Menangkan Jokowi di Jatim
Mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Acara 'Ngaji Kebangsaan' terbukti ampuh membuat suara Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdiyin bulat memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Timur pada pilpres 2019.

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan elite NU seperti Mahfud MD, Saifulah Yusuf (Gus Ipul), Khofifah Indar Prawansa berhasil mengkonsolidasikan warga NU lewat bahasa yang identik dengan mereka, yakni ngaji kebangsaan.

"Kalau mau dekati suatu kaum maka harus paham bahasa kaum itu. Jawa Timur kan mayoritas NU semua. Jadi ngaji itu bahasa yang identik dengan nahdiyin. Terbukti Jokowi-Ma'ruf jadi menang besar, di Jatim" kata Ujang kepada wartawan, Kamis (18/4).

Selain itu, Ujang menilai nahdiyin terbukti patuh dengan tokoh-tokoh atau elite NU untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf di pilpres 2019. Nahdiyin disebut sudah sadar jika Jawa Timur adalah basis NU dan wajib memenangkan calon yang dijagokan oleh organisasi bentukan Hasyim Asy'ari tersebut.

"Ini poin penting untuk tokoh NU di Jatim seperti Mahfud MD, Khofifah, dan Gus Ipul, dan juga Gusdurian," kata Ujang.

Sebelumnya, Ketua PBNU Jatim Saifullah Yusuf mengatakan ada tiga hal yang membuat Jokowi menang. Bahkan, Gus Ipul sapaan akrabnya menyebut dari hasil quick count, perolehan suara Jokowi di Jatim mencapai 65 persen.

"Ada tiga hal yang buat Pak Jokowi menang, pertama karena kinerja Jokowi," kata Gus Ipul.

Sementara kedua, Gus Ipul menilai kemenangan Jokowi juga karena suara dari NU. Menurutnya, NU solid dalam memenangkan Jokowi lantaran melihat sosok Kiai Ma'ruf Amin.

Tokoh-tokoh NU di barisan Jokowi - Ma’ruf dinilai berkontribusi besar terhadap kemenangan pasangan nomor urut 01 itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News