Tokoh Oposisi Rusia Akhirnya Bebas

Tokoh Oposisi Rusia Akhirnya Bebas
Alexei Navalny. FOTO: getty images
KIROV - Alexei Navalny bisa kembali menghirup udara bebas. Kemarin (19/7) Pengadilan Kirov membebaskan tokoh oposisi yang sesumbar hendak menantang Presiden Vladimir Putin dalam pemilihan presiden Rusia pada 2018 itu. Kendati menjadi orang bebas, pria 37 tahun tersebut tidak boleh meninggalkan Kota Moskow.

 

"Apa yang saya alami ini benar-benar fenomena yang unik dalam sistem hukum Rusia," tandas Navalny setelah meninggalkan kursi terdakwa yang berlapis kaca antipeluru di ruang sidang. Sebelumnya pengadilan tidak pernah membebaskan terdakwa yang sudah dinyatakan bersalah. Apalagi, dalam kasus bapak dua anak itu, pengadilan sudah menjatuhkan vonis penjara lima tahun.

 

Kemarin, begitu keluar dari "kurungan", Navalny bergegas menghampiri sang istri, Yulia, dan memeluknya. Di hadapan para pendukungnya, aktivis yang menyamakan Putin dengan pencuri itu mengatakan bahwa kebebasannya merupakan buah dari aksi protes kubu oposisi pada Kamis lalu (18/7). Karena itu, dia berterima kasih kepada mereka yang berunjuk rasa di Manezhnaya Square, Kota St Petersburg.

 

Kemarin, setelah menjadi orang bebas, Navalny tidak banyak berbicara soal pencalonannya sebagai wali kota. Dia mengaku akan kembali ke Moskow dan membicarakan proses tersebut lebih lanjut dengan timnya. "Saya bukan anak kucing atau anak anjing yang bisa seenaknya ditendang dan diminta kembali lagi ke ajang pemilihan (wali kota)," paparnya.

 

KIROV - Alexei Navalny bisa kembali menghirup udara bebas. Kemarin (19/7) Pengadilan Kirov membebaskan tokoh oposisi yang sesumbar hendak menantang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News