Tol Al Haka

Oleh: Dahlan Iskan

Tol Al Haka
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - POKOKNYA salut deh: ada tol dari Lampung ke Palembang.

Ternyata jarak itu begitu dekatnya: hanya 330 Km. Saya pernah beberapa kali jalan darat dari Bakauheni ke Palembang. Lewat jalan lama. Rasanya seperti 3.000 Km.

Feri dari Merak itu merapat di Bakauheni tepat waktu: hari sudah gelap. Saya tidak bisa menikmati indahnya Bakauheni –padahal sudah lupa betapa indah di masa lalu.

Baca Juga:

“Di sini segera dibangun pusat rekreasi. Namanya: Krakatau Park," ujar general manager ASDP Bakauheni. "Di situ itu," tambahnya sambil menunjukkan jari ke arah gelap.

Saya tidak bertanya siapa yang membangunnya. Keterangan awal yang saya dapatkan: "Akan ada Jatim Park di situ". Itu cukup.

Dugaan saya: yang membangun Krakatau Park adalah Jatim Park –pemilik Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3 (di kota wisata Batu) dan Wisata Bahari Lamongan. Itu dulu.

Baca Juga:

Bisa jadi Krakatau Park itu akan menjadi Jatim Park ke-7. Jatim Park telah jadi lambang sukses bisnis tempat rekreasi.

Dengan demikian Bakauheni bukan lagi hanya hutan bakau yang rimbun –heni dalam bahasa Lampung berarti rimbun. Atau gemuk. Oleh karena itu, konon tidak ada gadis Lampung bernama Heni.

Begitu melewati Hollywood kami senang: nyaris tiba di Palembang. Kota itu memang sudah kelihatan. Justru pintu tol yang tidak tampak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News