Tol Cisumdawu Ruas Cileunyi-Rancakalong Beroperasi Akhir Januari 2022

Tol Cisumdawu Ruas Cileunyi-Rancakalong Beroperasi Akhir Januari 2022
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Kabupaten Sumedang, Senin (10/1/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

jpnn.com, BANDUNG - Seksi 1 ruas Cileunyi-Rancakalong Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat dioperasikan pada akhir Januari 2022.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan tol yang menghubungkan Bandung-Kertajati menuju Dawuan ini mengalami progres pesat. Pengerjaannya terus dikebut.

"Pengerjaan secara keseluruhan sampai saat ini di atas 90 persen. Bahkan akhir Januari ini, sebagian akan resmi dibuka untuk umum yaitu seksi 1," kata Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil- saat meninjau proyek Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Senin.

Emil meninjau proyek tersebut bersama dengan istri, Atalia Praratya Ridwan Kamil, menggunakan sepeda motor.

Dia mengatakan secara keseluruhan ruas Tol Cisumdawu ditargetkan bisa beroperasi pada Juni 2022. Hal ini disebabkan sejumlah hal di antaranya ada beberapa titik yang mengalami longsor, sehingga pengerjaan terganggu.

"Ada bencana sedikit berupa longsoran-longsoran yang harus diteliti ulang desainnya. Kini sedang ditangani," ujarnya.

Selain itu masih ada beberapa pembebasan lahan yang harus diselesaikan. Terdapat beberapa titik yang bersifat perluasan, sehingga perlu ada tambahan lahan yang harus dibebaskan.

"Dari laporan kontraktor, hal ini dapat dituntaskan dan pada Juni 2022 sudah bisa dioperasikan. Kita berharap yang penting keamanan terjamin, dan tahun ini bisa tembus sampai Kertajati," katanya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan Seksi 1 ruas Cileunyi-Rancakalong Tol Cisumdawu dapat dioperasikan pada akhir Januari 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News