Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru akan Didukung Terowongan

Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru akan Didukung Terowongan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan delegasi Japinda, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10). Foto: Humas/Oji

jpnn.com, JAKARTA - Para pengusaha Jepang yang tergabung dalam Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) siap mendukung sejumlah proyek strategis di Indonesia. Proyek-proyek tersebut termasuk pembangunan tunneling atau terowongan untuk jalan tol Padang Bukittinggi Pekanbaru.

“JICA ingin mendukung pembangunan tunneling-nya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Japinda yang dipimpin mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Yasuo Fukuda, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (27/10) siang.

Basuki setuju agar dukungan dari Japinda ini dimasukkan dalam bagian proyek monumental hubungan Indonesia-Jepang yang memasuki usia 60 tahun, sehingga mulai Januari bisa dimulai proyeknya.

Namun karena ini di daerah Bukit Barisan, maka tunneling harus ada tanah dulu. "Mudah-mudahan beberapa bulan ini bisa diselesaikan.

Selain proyek tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru, Japinda juga menyatakan kesiapan mendukung proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya dan pelabuhan Patimban di Subang. (fid/oji/es/setkab)


Selain proyek tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru, Japinda juga mendukung kereta cepat Jakarta-Surabaya dan Pelabuhan Patimban.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News