Tolak Liberalisasi, Ratusan Akuntan Gelar Aksi

RUU Akuntan Publik Berpotensi Bahayakan Keamanan Negara

Tolak Liberalisasi, Ratusan Akuntan Gelar Aksi
Masa Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) saat melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Senin (29/11).
JAKARTA - Proses pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Akuntan Publik (AP) yang saat ini berlangsung di Komisi XI DPR ternyata membuat para akuntan ketar-ketir. Pasalnya, dalam RUU AP itu termuat pasal-pasal yang akan menghambat profesi akuntan.

Karenanya, ratusan akuntan yang tergabung dalam Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) berkumpul di depan Istana Negara, Senin (29/11) siang untuk memprotes RUU AP yang tengah dibahas di DPR.  Sekretaris Umum IAPI, Tarkosunaryo yang menjadi koordinator aksi, menyatakan bahwa IAPI menyadari keberadaan UU AP memang sangat diperlukan.

Hanya saja, IAPI melihat dalam RUU AP banyak pasal-pasal yang mematikan profesi akuntan publik. "Padahal di Indonesia sedang mengalami krisis jumlah akuntan publik,” ujar Tarkosunaryo dalam orasinya. Selain melakukan aksi protes di depan Istana Negara, IAPI juga melakukan aksi protes di depan Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dipaparkannya, dalam RUU AP terdapat pasal-pasal yang memungkinkan masuknya akuntan asing beroperasi di Indonesia termasuk untuk menggali dan mengumpulkan data perekonomian yang menjadi rahasia negara. Menurut pria yang akrab disapa dengan nama Tarko itu, jika aturan itu diterapkan maka nyata-nyata akan sangat membahayakan keamanan negara. “Ini bukan hanya liberalisasi. RUU AP ini benar-benar pukulan maut bagi iklim profesi akuntan publik di Indonesia," keluhnya.

JAKARTA - Proses pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Akuntan Publik (AP) yang saat ini berlangsung di Komisi XI DPR ternyata membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News