Tolak RPP Tembakau, Ribuan Petani Tembakau Gelar Istighosah

Tolak RPP Tembakau, Ribuan Petani Tembakau Gelar Istighosah
TOLAK RPP- Aksi massa para petani yang menolak RPP Tembakau di Temanggung. Foto: Ist
TEMANGGUNG- Ribuan petani tembakau Temanggung menggelar istighosah akbar dan doa bersama di alun-alun Kota Temanggung untuk menolak RPP Pengendalian Dampak Produk Tembakau yang sedang disiapkan pemerintah. Aksi penolakan ini juga diisi dengan orasi budayawan dan tausyiah alim ulama yang menolak pengharaman rokok. Selain itu para petani juga melakukan longmarch mengusung spanduk penolakan  dan menggotong replika tanaman tembakau dan rokok raksasa mengelilingi alun-alun kota Temanggung. Selama longmarch, para peserta menyuarakan penolakan dan kecaman terhadap rencana keluarnya RPP tembakau, serta meneriakkan yel-yel hidup tembakau.

"Petani tembakau akan mendoakan agar para petinggi negeri ini memperhatikan petani tembakau di Indonesia bukan pada petani asing. Bagaimanapun, regulasi tersebut bakal berdampak serius bagi kami," kata Ketua APTI Jateng, Nurtantio Wisnu Brata dalam rilisnya yang diterima JPNN.

Dipaparkannya, tembakau bagi sebagian besar masyarakat Temanggung menjadi urat nadi kehidupan, karenanya ketika akhir-akhir ini muncul fatwa haram rokok dan RPP Pengendalian Dampak Produk Tembakau menimbulkan keresahan psikologis. Bertolak daripada itu, masyarakat beserta alim ulama menggelar kegiatan  ini sebagai salah satu upaya penolakan agar pemerintah pusat berpihak kepada petani dalam membuat regulasi tembakau.

Dia menilai RPP tersebut tidak sekadar mengendalikan kegiatan merokok, melainkan bakal mematikan petani. Di sisi lain, bakal membunuh  2 juta petani tembakau di Indonesia yang 600 ribu di antaranya berada di Jawa Tengah. Juga, akan menggusur lahan tembakau seluas 75 ribu hektare yang mampu menghasilkan 40 ribu ton tembakau pertahun di provinsi ini. "Regulasi ini bukan pengendalian tetapi mematikan petani, " ujarnya.

TEMANGGUNG- Ribuan petani tembakau Temanggung menggelar istighosah akbar dan doa bersama di alun-alun Kota Temanggung untuk menolak RPP Pengendalian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News