Tolak Tayangkan Iklan Amal, BBC Dikritik

Tolak Tayangkan Iklan Amal, BBC Dikritik
Tolak Tayangkan Iklan Amal, BBC Dikritik
BRITISH Broadcasting Corporation alias BBC sedang disorot. Keputusan perusahaan media milik pemerintah Inggris itu menolak menayangkan iklan layanan masyarakat yang berisi permohonan bantuan dana untuk para korban serangan Israel di Jalur Gaza dikritik banyak pihak.

Uskup Besar York John Sentamu menuduh BBC telah berpihak. "Itu bukan soal netralitas, itu soal kemanusiaan. Itu bukan acara yang digalang Hamas untuk bisa membeli senjata lagi, melainkan Disasters Emergency Committee (DEC/Komite Pertolongan Bencana, Red), demi membantu mereka yang membutuhkan pertolongan," kata Sentamu kepada The Guardian kemarin (25/1).

Menurut Direktur Umum BBC Mark Thompson, keputusan itu diambil karena BBC tak mau dianggap berpihak dalam pertikaian di Gaza. Iklan berdurasi dua menit tersebut merupakan kerja bareng 13 organisasi kemanusiaan di Inggris yang tergabung dalam DEC. Mereka bermaksud mengumpulkan dana untuk sekitar 500.000 warga Gaza yang kehilangan rumah sekaligus akses terhadap air bersih.

Dua rival utama BBC, ITV dan Channel 4, sama-sama telah memutuskan akan menayangkan permohonan bantuan itu. Meski ditekan banyak pihak, bahkan didemo sekitar seribu orang di markasnya yang terdapat di London kemarin, BBC tampaknya bakal kukuh dengan keputusan tersebut.

BRITISH Broadcasting Corporation alias BBC sedang disorot. Keputusan perusahaan media milik pemerintah Inggris itu menolak menayangkan iklan layanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News