Tolong... 2.000 Pekerja Di - PHK

Tolong... 2.000 Pekerja Di - PHK
Buruh. Foto ilustrasi: Dokumen JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Ratusan pekerja sedang resah karena khawatir pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan sejumlah perusahaan di Bitung, Jawa Barat.

Mereka sampai turun ke jalan kemarin (7/2) untuk menunjukkan keresahan itu pada pemerintah dan perusahaan.

Pekerja dari berbagai perusahaan yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM SPSI) Bitung itu berdemonstrasi.

Unjuk rasa dimulai dari depan kantor wali kota Bitung dan finis di kantor DPRD Bitung.

''Kami minta pemerintah peduli. Sebab, dalam dua bulan terakhir, sudah 2.000 pekerja yang diberhentikan maupun dirumahkan,'' keluh Ketua FSP RTMM SPSI Bitung Esthepanus Sidangoli.

Secara terpisah, Ketua Komisi A Victor Tatanude saat hearing mengungkapkan, dinas tenaga kerja (disnaker) tidak boleh terkesan menjadi konsultan perusahaan.

''Apalagi memihak perusahaan. Ini harus mendapat solusi yang terbaik karena berkaitan dengan tenaga kerja lokal yang merupakan masyarakat Bitung,'' tegasnya.

Dia mengingatkan, jangan sampai ada pejabat dan pengawas ketenagakerjaan yang terindikasi menerima suap dari perusahaan.

Ratusan pekerja sedang resah karena khawatir pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan sejumlah perusahaan di Bitung, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News