Tolong Percepat Program Padat Karya Agar Rakyat Kecil Bisa Bertahan

Tolong Percepat Program Padat Karya Agar Rakyat Kecil Bisa Bertahan
Anggota Komisi V DPR Irwan Fecho. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah diminta segera mengeksekusi program Padat Karya Tunai (cash for work) tahun 2020, yang pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat. Hal ini diyakini akan membantu rakyat yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah pandemi virus Corona (Covid019).

Demikian disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, yang menilai percepatan program padat karya akan membantu rakyat mempertahankan daya belinya di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi imbas Covid-19.

“Program itu perlu percepatan oleh kementerian guna mengurangi dampak ekonomi akibat CoVID-19,” ucap legislator asal Kalimantan Timur ini, Kamis (26/3).

Irwan mencontohkan, Kementerian PUPR di tahun 2020 telah menganggarkan sebesar Rp8,64 triliun untuk program padat karya ini. Anggaran tersebut digunakan untuk tujuh program, yakni Pembangunan Jembatan Gantung, dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI).

Kemudian, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), penataan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).

“Kalau itu disegerakan, daya beli akan terpelihara bagi masyakarat kecil khususnya,” kata pria yang beken disapa dengan panggilan Irwan Fecho ini.

Ketua DPP Partai Demokrat demisioner ini menyebutkan, program infrastruktur kerakyatan atau padat karya tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

"Program ini juga bertujuan mengurangi ketimpangan dan kesenjangan pembangunan antarwilayah serta ketimpangan taraf hidup masyarakat dari segi penghasilan. Apalagi dalam kondisi ekonomi bangsa di tengah wabah corona seperti ini,” tandas Irwan.(fat/jpnn)

Pemerintah diminta segera mengeksekusi program Padat Karya Tunai tahun 2020 agar membantu rakyat yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah pandemi virus Corona (Covid019).


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News