Tony Abbott Disingkirkan, Ini Perdana Menteri Australia yang Baru

Tony Abbott Disingkirkan, Ini Perdana Menteri Australia yang Baru
Tony Abbott. Foto: Int

jpnn.com - CANBERRA - Partai Liberal akhirnya menyingkirkan Tony Abbott lewat mosi tidak percaya dan mendukung jutawan dan politisi, Malcolm Turnbull sebagai Perdana Menteri yang baru untuk memimpin Australia beberapa tahun ke depan.

Turnbull yang juga mantan pegawai bank dan pengusaha teknologi menyingkirkan Abbott dengan mendapat 54 suara dari Abbott yang hanya menerima 44 suara.

Menteri Komunikasi itu diharapkan mengangkat sumpah sebagai perdana menteri ke-29 setelah Abbott mengirim surat pengunduran diri kepada Gubernur Jenderal, Peter Cosgrove.

Tony Abbott Disingkirkan, Ini Perdana Menteri Australia yang Baru

Malcolm Turnbull. Foto: Int

Mosi tidak percaya itu diusulkan Turnbull yang menyatakan, partai koalisi konservatif yang dipimpin Abbott tidak akan menang pada pemilu dua tahun lagi jika pucuk pimpinan negara tidak dikonversi.

Menteri Luar, Julie Bishop pula mempertahankan posisi Wakil Ketua Partai Liberal dengan menerima dukungan sebanyak 70 suara dan 30 yang menentang.

Parlemen menetapkan pemimpin Partai Liberal harus menjadi Perdana Menteri sekaligus memimpin koalisi konservatif.

CANBERRA - Partai Liberal akhirnya menyingkirkan Tony Abbott lewat mosi tidak percaya dan mendukung jutawan dan politisi, Malcolm Turnbull sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News