TOP! Ide Brilian Peserta ToT Jawa Tengah

TOP! Ide Brilian Peserta ToT Jawa Tengah
Pengajar Universitas Stikubank Semarang, Eddy Prabowo. FOTO: Humas MPR

jpnn.com - SEMARANG – MPR RI menyelenggarakan Sosalisasi Empat Pilar MPR RI dengan berbagai metode penyampaian yang efektif. Salah satunya Training for Trainers (ToT) atau pelatihan untuk pelatih.

Dalam setiap kegiatan, MPR sangat membutuhkan feed back positif atau output positif dari kegiatan serap aspirasi yang digelar ke berbagai provinsi di Indonesia.

Ouput positif dari para peserta dari berbagai kalangan masyarakat ini akan menjadi bahan kajian di MPR RI dan akan menghasilkan sebuah rekomendasi-rekomendasi kepada pemerintah dan lembaga-lembaga negara lainnya untuk ditindaklanjuti secara baik. Sebagai contoh pemunculan kembali haluan negara seperti Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Hasil serap aspirasi masyarakat di berbagai daerah menunjukkan bahwa sebagian besar menginginkan sebuah haluan negara untuk menjaga kontinuitas pembangunan nasional.

Sekarang wacana haluan negara atau GBHN dalam masa pengkajian intensif di MPR dan tidak menutup kemungkinan akan segera dilaksanakan melalui amandemen kembali UUD 1945.

Pada penyelenggaraan ToT di Jawa Tengah dengan peserta dari kalangan dosen perguruan tinggi swasta dan negeri se-Jawa Tengah, Jumat (22/4 ) lalu, diketahui bahwa banyak sekali masukan dan gagasan bahkan kritik tentang sistem ketatanegaraa Indonesia. Antara lain, masukan datang dari Eddy Prabowo, dosen Universitas Stikubank Semarang.  

Eddy menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Ia berpandangan bahwa dalam kehidupan bernegara, Pancasila hanya berperan dan berkedudukan sebagai dasar negara bukan sebagai ideologi atau pandangan hidup. 

Pandangan Eddy ini dlihat dari perjalanan sejarah terbentuknya Pancasila, terutama dalam proses persidangan hari pertama BPUPKI tanggal 29 April 1945. Saat itu, Ketua Sidang BUPKI KRT Radjiman bertanya apakah dasar negara Indonesia nanti?

SEMARANG – MPR RI menyelenggarakan Sosalisasi Empat Pilar MPR RI dengan berbagai metode penyampaian yang efektif. Salah satunya Training for

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News